SEARCH
Tips
0

Bahaya Pemakaian Jas Hujan Jenis Kelelawar atau Ponco

Musim hujan telah tiba saat seperti ini, jas hujan seolah menjadi kebutuhan primer bagi pengendara sepeda motor. Namun, perlu anda ketahui bahwa tak semua jas hujan yang digunakan itu aman bagi keselamatan jiwa. Polisi bahkan mengumumkan bahwa ada salah satu jenis jas hujan paling berbahaya. Itulah jas hujan jenis ponco atau jubah.       […]

Musim hujan telah tiba saat seperti ini, jas hujan seolah menjadi kebutuhan primer bagi pengendara sepeda motor. Namun, perlu anda ketahui bahwa tak semua jas hujan yang digunakan itu aman bagi keselamatan jiwa. Polisi bahkan mengumumkan bahwa ada salah satu jenis jas hujan paling berbahaya. Itulah jas hujan jenis ponco atau jubah.

jas hujan ponjo (1)

jas hujan ponjo (2)

 

 

jas-hujan-2

 

Mengapa berbahaya? Jas hujan ponco mudah tersangkut di roda sepeda motor hingga menyebabkan pengendara terjatuh. Dari berbagai sumber, ada pengendara luka ringan, luka berat, hingga meninggal dunia karena kecelakaan akibat jas ponco.

Capture4

Dipasaran ada 2 jenis jas hujan yang pertama model ponco , batman atau kelelawar yang berkirar dan kedua jenis eGOIS atau model baju set, dan jenis jas hujan yang sangat di sarankan adalah model baju set karna tidak memiliki sayap seperti model panco jadi tidak memiliki resiko tersangkut di roda motor

jas-hujan-model-baju

 

Berikut Adalah Tips Memilih Jas Hujan

  1. Pas di tubuh
    Gunakanlah jas hujan yang memiliki ukuran yang pas dengan ukuran tubuh.
  2. Pilih jas hujan yang berbahan karet polyvinyl chloride (PVC)
    Bahan ini lebih teruji ketahanannya. Jas hujan yang menggunakan bahan dari PVC lebih tebal dan lebih kedap air daripada yang berbahan plastik biasa dan parasut sehingga air tidak merembes. Pilihan itu tentu sangat beralasan karena kita menggunakan jas hujan agar badan tetap kering dan terlindungi dari guyuran air hujan.
  3. Periksa kondisi resletingnya
    Pilih jas hujan dengan model resleting yang rapat agar air tidak mudah masuk dari celah-celah, atau lebih baik lagi memilih jas hujan yang tanpa resleting.
  4. Sebisa mungkin memilih jas hujan yang tanpa jahitan
    Jika terpaksa menggunakan model jahitan maka periksa dari setiap jahitannya, upayakan harus rapat dan kuat untuk menghindari rembes dan robek akibat tiupan angin.
  5. Lebih baik jika kita memilih model two-piece (atasan dan bawahan)
    Hindari model-model yang besar (Batman) selain risih atau tidak leluasa, dan cukup membahayakan kita bila berkendara terutama saat motor melaju kencang. Jas hujan model ini juga akan mengganggu pengendara lain yang berada di belakang atau di samping kita, karena kibasannya yang dapat membatasi pandangan pengendara tersebut.
  6. Sesuaikan dengan warna kendaraan
    Jas hujan juga bisa membuat tampilan lebih menarik (fashionabel), atau bisa juga pilih jas hujan dengan warna yang terang.
  7. Sesuaikan juga dengan kondisi keuangan
    Sebaiknya memilih jas hujan yang mahal sedikit tapi awet, tidak rembes dan tahan lama daripada murah tapi hanya sekali pakai dan bocor.

Sekian penjelasan tentang bahaya menggunakan jas hujan jenis panco dan tips cara memilih jas hujan yang aman baca juga artikel lainnya hanya di toko online variasi motor terbesar di indonesia

Share:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Written by mortechc

Kami merupakan toko sparepart dan variasi motor online terbesar di Indonesia, menjual berbagai aksesoris motor terlengkap baik eceran dan grosir.

There are 0 comments

Leave a comment

Want to express your opinion?
Leave a reply!