Sejarah dan Pengembangan Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan dipatenkan pada tahun 1886. Pada tahun 1893 insinyur kebangsaan Hungaria bernama János Csonka dan Donát Bánki juga mendesain alat yang serupa. Adalah Frederick William Lanchester dari Birmingham, Inggris yang pertama kali bereksperimen menggunakan karburator pada mobil. Pada tahun 1896 Frederick dan […]
Sejarah dan Pengembangan
Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan dipatenkan pada tahun 1886. Pada tahun 1893 insinyur kebangsaan Hungaria bernama János Csonka dan Donát Bánki juga mendesain alat yang serupa. Adalah Frederick William Lanchester dari Birmingham, Inggris yang pertama kali bereksperimen menggunakan karburator pada mobil. Pada tahun 1896 Frederick dan saudaranya membangun mobil pertama yang menggunakan bahan bakar bensin di Inggris, bersilinder tunggal bertenaga 5 hp (4 kW), dan merupakan mesin pembakaran dalam (internal combution). Tidak puas dengan hasil akhir yang didapat, terutama karena kecilnya tenaga yang dihasilkan, mereka membangun ulang mesin tersebut, kali ini mereka menggunakan dua silinder horisontal dan juga mendisain ulang karburator mereka. Kali ini mobil mereka mampu menyelesaikan tur sepanjang 1.000 mil (1600 km) pada tahun 1900. Hal ini merupakan langkah maju penggunaan karburator dalam bidang otomotif.
Karburator umum digunakan untuk mobil berhahan bakar bensin sampai akhir 1980-an. Setelah banyak kontrol elektronik digunakan pada mobil, penggunaan karburator mulai digantikan oleh sistem injeksi bahan bakar karena lebih mudah terintegrasi dengan sistem yang lain untuk mencapai efisiensi bahan bakar.
A. Pengertian dan Fungsi Karburator
Karburator merupakan bagian terpenting dari sepeda motor. Hampir semua sepeda motor menggunakan karburator karena umumnya sepeda motor menggunakan bensin sebagai bahan bakar.
Karena itu karburator yang baik harus mampu membuat gas yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin. untuk mendapatkan pembakaran sempurna di butuhkan perbandingan mesin dan udara dalam pencampuran gas, menurut teoritis adalah 1:15 artinya 1 gram bensin di campur dengan 15 gram udara. Apabila perbandingan campurannya lebih dari 1:15 misal 1:18 dikatakan campuran miskin 1:12 di katakan campuran kaya.
Fungsi Karburator
– karburator berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara.
B. Komponen karburator dan Fungsi
1. Mangkok Karburator ( float chamber) | : | Berfungsi untuk menyimpan bensin pada waktu belum digunakan. |
2. Klep / Jarum Pelampung | : | Berfungsi untuk mengatur masuknya bensin kedalam mangkok karburator. |
3. Pelampung ( float ) | : | Berfungsi untuk mengatur agar tetapnya bahan bakar didalam mangkok. |
4. Skep / Katup gas | : | Berfungsi untuk mengatur banyaknya gas yang masuk kedalam silinder. |
5. Pemancar jarum (main jet / needle jet ) | : | Berfungsi untuk memancarkan bensin waktu motor digas besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep. |
6. Jarum Skep / Jarum Gas ( Jet needle ) | : | Berfungsi untuk mengatur besarnya semprotan bensin dari main nozzle pada waktu motor di gas. |
7. Pemancar Besar / induk ( main jet ) | : | berfungsi untuk memancarkan bensin saat motor di gas tinggi. |
8. Pemancar Kecil / stasioner ( slow jet ) | : | Berfungsi untuk memancarkan bensin saat stasioner. |
9. Sekrup Gas / baut gas ( throttle screw ) | : | Berfungsi untuk setelan posisi skep sebelum di gas. |
10. skrup udara / baut udara ( air screw ) | : | Berfungsi untuk mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan |
11. katup cuk ( choke valve ) | : | Berfungsi untuk menutup udara luar masuk ke karburator sehingga gas menjadi kaya digunakan saat start. |
Cara menyetel Rpm :
1. | Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengaN menggunakan alat Obeng (-) kecil. |
2. | Besarnya stelan angin adalah kurang lebih antara 2 – 3 putaran. (putar kekanan mentok putar 360 derajat dan kembalikan kekiri hingga 2 – 3 putaran sampe ke temu putaran mesin yang paling stabil). |
3. | Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 – 1300 RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer. |
Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :
– | Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil). |
– | Ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran BB tidak tepat. |
– | Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake |
– | Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung). |
– | Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara. |
– | Periksa per skep mungkin sudah lemah. |
– | Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik. |
– | Periksa, kemungkinan BB bercampur dengan air. |
– | Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik. |
– | Periksa lubang main jet dan Pilot jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik. |
– | Periksa tidak ada kerusakan pada seal(karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup setelan angin dari karburator. |
– | |
– | Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah). |
C. JENIS KARBURATOR
VENTURY TETAP
Diameter venturinya tidak dapat diubah. Pedal Gas mengatur katup aliran udara lewat ventury yang menentukan besarnya tekanan untuk menarik Bahan Bakar.
VENTURY BERUBAH
Pedal Gas mengatur besarnya venturi dengan mengggunakan piston & needle jet yang dapat naik turun sehingga membentuk celah venturi yang dapat berubah-ubah.
D. BENTUK KARBURATOR
KARBURATOR BULAT
KARBURATOR KOTAK
UKURAN VENTURY
KARBURATOR PE
PE : bentuk skep bulat lapis chrome, performa tarikan bagus, setingan mudah, irit Bahan Bakar
KARBURATOR PJ
PJ : biasanya untuk motor 2Tak, skep oval lapis chrome, boros Bahan Bakar walaupun setingan dibuat irit.
KARBURATOR PWK
PWK : bentuk skep semi flat / skep D lapis chrome, performa bagus tapi boros Bahan Bakar, cocok untuk Moto Cross dan Road Race
KARBURATOR PWL
PWL : performa putaran bawah bagus tapi yang atas sering kehilangan nafas, venturinya mengecil diatas.
KARBURATOR TM
TM : bentuk skep kotak, performa lebih bagus dibanding skep bulat, karena udara yang masuk lebih lancar dan cepat
KARBURATOR TMX
TMX : bentuk skep setengah lingkaran, memilikai kelebihan akselerasi dan powerband yang rata disemua RPM
UKURAN KARBURATOR MOTOR HONDA
MOTOR |
UKURAN KARBU |
NSR 150 | PE28 |
C100 engine (Grand, Astrea, etc) | PB16 |
Win 100 | PB18 |
Supra X 125 | PB18 |
Kharisma | PB18 |
Mega Pro | PD22 |
GL100 | PD22 |
Tiger | PD26 |
Vario | CV22 |
Scoppy | VK22 |
Beat | VK22 |
CBR 150 | VK28 |
Catatan : Untuk motor lain, ukuran karbu bisa disesuaikan berdasarkan kapasitan mesin(cc) sepeda motor.
UKURAN KARBURATOR MOTOR KAWASAKI
MOTOR |
UKURAN KARBU |
KX 65 | VM24 |
KX 85 | PWK 28 |
Ninja R | PWL26 |
Ninja RR | VM28 |
Althlete | PB18 |
ZX130 | NCV24 |
KSR 110 | PB18 |
D-Tracker 150 | NCV24 |
D-Tracker 250 | Keihin F001 |
D-Tracker X | Keihin F001 |
KLX 150 | NCV24 |
KLX 250 | Keihin F001 |
Ninja 250 | CVR30 |
Catatan : Untuk motor lain, ukuran karbu bisa disesuaikan berdasarkan kapasitas mesin(cc) sepeda motor.
UKURAN KARBURATOR MOTOR SUZUKI
MOTOR |
UKURAN KARBU |
RC100 | VM16 |
Crystal | VM18 |
Tornado 110 | VM18 |
Satria R | VM22 |
RGR 150 | VM28 |
Smash 110 | VM17 |
Smash Titan | VM18 |
Shogun 110 | VM17 |
Shogun 125 | VM18 |
Shogun 125 SP | VM18 |
Axelo | VM18 |
Nex | BS22 |
Spin | BS26 |
Hayate 125 | BS26 |
Skywave | BS26 |
Skydrive | BS26 |
Thunder 125 | BS26 |
Satria FU | BS26 |
Catatan : Untuk motor lain, ukuran karbu bisa disesuaikan berdasarkan kapasitas mesin(cc) sepeda motor.
UKURAN KARBURATOR MOTOR YAMAHA
MOTOR |
UKURAN KARBU |
Alfa | VM15 |
RX 100 | VM16 |
F1ZR | VM20 |
125Z | VM20 |
Touch | VM22 |
RX S | VM24 |
RX King | VM24 |
RX Z | VM26 |
Crypton | VM16 |
Jupiter | VM16 |
Jupiter Z | VM17 |
New Jupiter Z | VM17 |
Jupiter MX | VM22 |
New Jupiter MX | VM16 |
Vega | VM17 |
New Vega R | VM17 |
Vega RR | BS25 |
Nouvo | BS25 |
Mio | NCV24 |
Mio Soul | NCV24 |
Fino | NCV24 |
Xeon | BS26 |
Byson | BS26 |
Scorpio Z | BS30 |
Catatan : Untuk motor lain, ukuran karbu bisa disesuaikan berdasarkan kapasitas mesin(cc) sepeda motor.
Kami merupakan toko sparepart dan variasi motor online terbesar di Indonesia, menjual berbagai aksesoris motor terlengkap baik eceran dan grosir.
There are 12 comments
salam otomotif ,,. bagaimma klaw honda grand ori d ganti karburator gl pro. mhon d jwb.
bisa langsung ke cs kita bos klo masalah teknis Hubungi Kami
081 915 651 511 / 7D70C746 Pin BBM
Saya punya ZX130. Sudah di over size 50. Bagusnya pake Karbu ukuran berapa ya? Rencana Karbu mau saya ganti karbu bukan Vakum. Thanks..
Bos mau tanya kalo beli jarum skep ninja 150 yg asli ada dan harganya brp..?? Atau harga karbulator aasli ninja brp ya bos
karburator honda win 100 saya bocor terus…mo diganti. sulit cari yg original…kalo diganti sama yg bukan ori bawaannya apa bisa ngga ? misalkan diganti pake karbu supra x 125…apa bisa ? apa jadi pengaruh sama tenaga dan pengeluaran bbmnya ? apa jadi lebih kencang tarikannya ?
Kalau ukuran vm16 itu maksudnya gimana ya min?
bagaimana klau honda grand di ganti karbu pe 28.
cocok tdk.
cocok bos lsng kontak CS ya
kalo kawasaki athlete 2010 ingin lebih irit seperti supra ganti karbu yg model gmn gan. trims infonya.
Mas kalo mau share artikel niatin yg baik dong mas, saya agak kecewa nih, sedikit2 otomatis buka iklan, mengganggu ?
kalau honda beat karbunya bisa di ganti dengan karbu mio ga?
Klo legenda ,diganti karbu pwk28 cocok gk?
Leave a comment
Want to express your opinion?
Leave a reply!